-->

Manfaat Buah-Buahan

Blog tentang manfaat buah-buahan

Manfaat Buah Manggis bagi Kesehatan

Manfaat Buah Manggis bagi Kesehatan - Manggis adalah tumbuhan asli dari kepulauan Indonesia, walau kini pembudidayan manggis banyak dilakukan di Thailand dan Burma. Manggis dikenal akan kandungan anti oksidannya yang tinggi, sehingga manfaatnya bagi kesehatan tidak di ragukan lagi. Buah dengan nama latin garcinia mangostana ini mempunyai pohon yang bisa tumbuh hingga 25 meter tingginya.
Manfaat Buah Manggis bagi Kesehatan
Kandungan anti oksidan dalam buah manggis membuat buah manis ini banyak digunakan oleh perusahaan untuk diolah sebagai obat-obatan. Bahkan banyak perusahaan yang bertaraf International sekalipun.

Xanthone dan Antioksidan dalam buah manggis

Buah manggis terutama pada kulitnya mengandung senyawa yang disebut dengan Xanthone. Ini adalah sebuah fitonutrien yang dipercaya sangat bagus dalam meningkatkan kekebalan tubuh, fungsi pernafasan , usus dll. Menurut penelitian bahwa enam dari senyawa xanthone mempunyai peranan dalam menghambat pertumbuhan penyakit leukeimia. Bukan hanya itu saja, dalam buah manggis juga mengandung polifenol yang merupakan anti oksidan kuat yaitu lebih kuat dari 10 kali vitamin C dan 100 kali dari kombinasi vitamin E dan Karatenoid. Karena kandungan manggis yang seperti inilah, maka membuat buah manggis ini menjadi buah sehat yang sangat bagus dalam menangkal bahayanya radikal bebas, yang menyebabkan berbagai penyakit termasuk kanker.

Manfaat Buah Manggis Sebagai Anti Radang

Manggis kini sedang dalam uji coba laboratorium dan menurut riset terhadap binatang, manggis efektif dalam mengatasi inflamasi pada hewan, dan menjadi obat radang sendi. Para peneliti meyakini bahwa hasil uji coba ini walau hanya sebatas pada bintang, tetapi akan memberikan efek positif bagi pengobatan radang sendi pada manusia, dan diharapkan manggis bisa menjadi obat bagi penyakit arthtritis (radang sendi) dimasa depan.

Kalau kita lirik sejarah manfaat kesehatan buah manggis, Buah ini sudah sejala lama digunakan oleh orang Asia tenggara dan cina dalam pengobatan tradisional. Salah satunya yaitu sebagai jamu atau obat untuk diare dan sistitis, caranya hanya dengan merebus 25-30 kulit buah manggis. Tidak hanya itu, tetapi bisa juga kulit buah manggis dikeringkan dan digiling sebagai obat disentri.

Tips memilih buah manggis yang bagus untuk obat atau untuk jus buah manggis adalah buah manggis yang tidak ada getah kuningnya dalam buahnya. Begitu juga kalau anda mau membuat jus manggis, maka getah kuning pada kulitnya harus dibuang.

Baca juga: