-->

Manfaat Buah-Buahan

Blog tentang manfaat buah-buahan

Manfaat Pamelo, Jeruk Bali bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat pamelo atau jeruk bali bagi kesehatan yang mengagumkan. Buah jeruk bali atau disebut dengan pamelo mempunyai buah yang lumayan besar, bahkan sebesar kelapa hanya saja buah ini mempunyai kulit luar yang agak lunak dan tidak sekeras buah kelapa. Jeruk bali mempunyai isi dengan warna yang berbeda, ada yang merah, coklat, atau ada juga dengan warna putih agak hijau.

Sebenarnya kalau diteluri nama buah ini yang bernama "Bali" Tidak ada hubungan apapun dengan Provinsi Bali, maka menteri pertanian Indonesia menyrankan agar buah jeruk bali dikatakan saja dengan nama buah Pamelo. Buah pamelo mempunyai manfaat untuk kesehatan dalam mengobati dan mencegah terjadinya berbagai masalah dan gangguan kesehatan. Buah pamelo bisa dikonsumsi secara langsung sebagai kudapan atau sebagai snack harian yang sehat. Buah pamelo bagi wanita hamil mempunyai manfaat yang sangat banyak sekali dalam menyediakan asam folat yang berguna bagi perkembangan bayi dan janin dalam tubuh.
Manfaat Pamelo bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi dalam Jeruk Bali

Sebelum kita melihat manfaat jeruk bali bagi kesehatan lenjut, mari kita perhatikan apa saja kandungan dalam jeruk bali, Sehingga khasiat buah jeruk bali/pamelo bagi kesehatan sangat besar.

Jeruk bali mengandung banyak vitamin C yang sangat dibutuhkan tubuh dalam meningkatkan kekebalan, menghindari tubuh dari berbagai dampak buruk kesehatan serta banyak lagi. Dalam 100 gram jeruk bali mengandung 350 microgram vitamin c. Selain kandungan vitamin C dalam jeruk bali juga mengandung banyak pektin sebagaimana yang terdapat dalam jeruk lainnya. Pektin bermanfaat untuk meghindari kolesterol darah dan pengapuran dalam pembuluh darah.

Selain tiu, kandungan dalam buah pamelo juga mengandung zat-zat lain seperti zat pembersih darah, pigmen bioflavanoid, likopen, Vitamin A, B, B1 dan juga B2. Jadi mengkonsumsi buah ini bisa membersihkan racun dalam darah, apalagi kalau dikonsumsi secara teratur. Asam folat juga membuat buah pembersih darah ini semakin diminati didunia kesehatan.

Manfaat Pamelo, Jeruk Bali bagi Kesehatan Tubuh

Dengan banyaknya kandungan senyawa dalam buah pamelo, tidak heran kalau buah ini mahal harganya serta berkhasiat untuk berbagai penyakit. Katakan saja vitamin C yang bermanfaat untuk meingkatkan sistem immune tubuh. Asam folat dalam buah pamelo menjadikan buah ini besar harganya bagi ibu hamil dalam menyediakan asam folat bagi kandungannya. Asam folat tidak diproduksi cukup dalam tubuh ibu sehingga ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi banyak asam folat dari buah lainnya agar kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Asam folat adalah jenis zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh bayi dalam pembentukan tubuhnya dan perkembangan otak bayi. Salah satu buah yang menyediakan banyak asam folat adalah jeruk bali atau yang dikenal dengan pamelo. Demikianlah beberapa manfaat jeruk bali bagi kesehatan semoga dipahami dan dikonsumsi.

Baca juga: