-->

Manfaat Buah-Buahan

Blog tentang manfaat buah-buahan

Manfaat Srikaya untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat srikaya untuk kesehatan yang mengagumkan. Buah srikaya dalam bahasa latin disebut dengan Annona squamosa sehingga sering juga disebut dengan buah nona. Srikaya tumbuh di daerah beriklim tropis dan pohon ini hanya akan berbuah ketika pohonnya berumur 2 tahun. Pohon srikaya tumbuh seperti pohon sirsak ada yang tingginya hingga 5 meter. Bentuk buahnya yang bermata-mata banyak dengan daging buah berwarna putih yang menyelimuti biji hitamnya seperti buah sirsak, hanya saja srikaya mempunyai rasa manis dan wangi beda dengan buah sirsak yang asam manis.

Manfaat srikaya tidak hanya terbatas pada buahnya saja, tetapi juga berbagai bagian lain dari srikaya bermanfaat untuk kesehatan. Seperti kulit srikaya, bji srikaya, daun srikaya dan lain-lain. Dalam artikel ini kami akan mengulas manfaat srikaya secara umum, tidak hanya terkhusus pada buahnya saja atau daunnya saja.
Manfaat Srikaya untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat dan Khasiat Srikaya Bagi Kesehatan

1. Mengobati bisul
Bisul yang tumbuh akan susah sembuh kecuali kalau bisul sudah matang. Nah, untuk mematangkan bisul bisa digunakan daging buah srikaya. Ambil daging buah dan haluskan, kemudian campur dengan sedikit garam dan tempelkan pada samping mata bisul, balut dengan kain kasa.

2. Mengobati bisul keras dan borok
Srikaya bermanfaat untuk urusan yang satu ini. Bisul yang mengeras dan borok bisa di obati dengan daun srikaya, Ambil daun srikaya dan tumbuk hingga halus. Kemudian campurkan dengan garam, lalu balut pada area bisul yang mengeras atau pada borok. Usahakan ganti ramuan ini 3 kali sehari agar lebih maksimal.

3. Menenangkan orang pingsan dan histeris
Srikaya juga bermanfaat untuk menangkan orang histeris atau masruk, dan juga bermanfaat untuk urusan menyadarkan orang pingsan. Caranya yaitu tumbuk daun srikaya yang telah dicuci bersih. Lalu dekatkan dengan hidung penderita, usahakan baunya tercium oleh orang pingsan atau histerisman.

4. Obat anak cacingan
Srikaya juga bermanfaat untuk mengobati cacingan pada anak. Daun ini ampuh membunuh cacing dalam perut. Caranya yaitu dengan merebus 15 lembar daun srikaya dengan aor 5 gelas. Rebus hingga air tersisa 3 gelas. Kemudian diamkan hingga airnya dingin dan saring. Minumkan pada anak 3 kali sehari/1 gelas sekali minum.

5. Mengobati gangguan pencernaan
Manfaat srikaya selanjutnya yaitu mengobati gangguan pada pencernaan. Caranya adalah dengan menumbuk secukupnya daun srikaya dan campurkan dengan minyak kelapa, kemudian oleskan pada perut.

6. Mengobati kudis
Manfaat daun srikaya selanjutnya adalah sebagai obat kudisan. Ambil sekitar 15 daun srikaya dan tumbuk hingga halus, campurkan dengan kapur sirih dan oleskan secara merata pada tempat yang kudisan. Rutinkan obat ini hingga 2 kali sehari.

Catatan:
Ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi srikaya agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan
  1. Ibu hamil dilarang mengkonsumsi rebusan biji srikaya
  2. Kalau ingin mengkonsumsi air rebusan biji, akar, dan kulit srikaya, maka harus hati-hati dan lakukan dengan pengawasan herbalis berpengalaman.
Sangat banyak sekali kegunaan dan manfaat srikaya untuk kesehatan, sayang kalau ini tidak diketahui oleh masyarakat secara umum. Sungguh sangat besar karunia Allah atas hambanya di atas permukaan bumi, hanya saja manusia dituntut untuk mempelajari alam agar lebih bermanfaat untuk sesama.

Baca juga: