-->

Manfaat Buah-Buahan

Blog tentang manfaat buah-buahan

Manfaat Apel untuk Bayi 6 Bulan Ke Atas

Manfaat Apel untuk Bayi 6 Bulan - Apel adalah buah yang sehat dikonsumsi karena kandungan berbagai zat penting untuk tubuh di dalamnya. Tidak hanya bermanfaat untuk orang dewasa saja, tetapi manfaat apel juga penting diberikan kepada bayi, tetapi bayi yang sudah 6 bulan atau lebih. Kandungan berbagai nutrisi, rasa apel serta mudah penyiapan adalah beberapa alasan kenapa Bunda harus menyiapkan sikecil buah apel sebagai bahan makananannya.

Gizi Dalam Buah Apel
Gizi adalah hal utama yang harus diperhatikan bagi bagi makanan bayi, memang ada beberapa sumber yang tidak merekomendasikan buah apel untuk bayi, seperti versi EWG yang mengatakan bahwa apel seringkali menjadi buah yang banyak terkena pestisida, begitu juga yang disampaikan majalah parent bahwa ini tidak bagus untuk bayi. Namun, mengingat nutrisi yang terkandung dalam apel sangat bagus untuk kesehatan, tetap saja buah apel menjadi buah primadona bagi bayi.

Manfaat Apel untuk Bayi 6 Bulan Ke Atas

Salah satu kandungan penting dalam apel adalah serat. Dalam buah ini ada dua serat, yaitu larut dan serat tak larut. Kedua jenis serat ini sangat bagus dalam menjaga divertikulosis dan kanker usus besar. Serat larut dalam buah apel akan mencegah terjadinya penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah.

Sementara serat tak larut akan menjaga urusan pembuangan atau BAB, buang air besar akan lancar berkat serat tak larut dalam usus. Serat ini menyediakan massal dalam usus, sementara massal mengikat air, jadi keduanya berfungsi membersihkan pencernaan.

Manfaat apel bagi bayi 6 bulan juga tidak terlepas dari banyaknya vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E dalam buah apel. Selain vitamin dalam apel juga mengandung mineral seperti mangan, tembaga, kalsium, kalium, fosfor, selenium dll.

Manfaat apel bagi kesehatan diketahui dan ditunjukkan oleh banyaknya kandungan gizi dalam buah apel. Apel bagus sebagai buah diet, akrena banyak kandungan seratnya, sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu juga mengurangi resiko penyakit stroke, menjaga kestabilan berat badan, makanan diet rendah lemak, kaya serat, meningkatkan kesehatan paru-paru, melawan efek dari kerusakan oksidatif, mempromosikan prostat, hati dan kesehatan usus besar, dengan menghambat pertumbuhan tumor, kanker, dan mempromosikan kesehatan tulang.

Manfaat Apel untuk Bayi 6 Bulan

Mengapa apel di anggap sebagai makanan yang sangat bermanfaat untuk bayi. Bukan tidak beralasan, ada beberapa argumentasi yang menjadikan buah sehat ini sebagai makanan bayi.

1. Apel makanan yang paling rendah alergi

2. Apel adalah makanan yang mudah dicerna

3. Membuat makanan bayi dari apel bisa dilakukan dengan sangat mudah dancepat

4. Bayi sangat mencintai rasa apel

5. Buah yang tersedia sepanjang masa, disebahagian besar dunia

Apel untuk makanan bayi sebaiknya apel yang organik. Karena apel yang non organik dianggap sebagai buah yang muncul dalam daftar Environmental Working Group tentang 'The Dirty Dozen'. Buah apel non organik adalah jenis apel yang banyak terkontaminasi dengan pestisida, Kalau anda menggunakan apel ini terpaksa anda harus mengupas kulit yang mengakibatkan kerugian sebahagian nutrisi pada kulit apel.

Selain sebagai makanan bayi, apel juga bermanfaat untuk minuman bayi. Jus apel bagus untuk kesehatan dan perkembangan bayi, tetapi pilih jus yang lebih pekat ketimbang yang bersih dan bening.

Baca juga: