-->

Manfaat Buah-Buahan

Blog tentang manfaat buah-buahan

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat Jambu Biji untuk kesehatan Ibu Hamil - Jambu biji adalah salah satu buah yang memiliki banyak khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan, terutama kesehatan ibu hamil. Ibu hamil tidak hanya menjaga kesehatannya saja, tetapi juga menjaga kesehatan janin yang kandungnya, jadi harus banyak mengkonsumsi buah-buahan yang banyak manfaatnya. Salah satu buah yang bisa menjadi alternatif bagi ibu hamil adalah jambu biji.

Manfaat jambu biji bagi ibu hamil adalah karena kandungan zat dan vitaminnya yang sangat banyak. Dalam 100 gram jambu biji diketahui mengandung vitamin A sekitar 25 SI, vitamin B1 0,02 mg, vitamin C 87 mg, kalsium 14 mg, kalori 49 kal, protein 0,9 mg, lemak 0,3 gram, air 86 gram, fosfor, 28 gram, zat besi, 1,1 mg, hidrat arang 12,2 gram. Jadi wajar saja kalau jambu biji bisa menjadi buah sehat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.
Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat Jambu Biji bagi Ibu Hamil

1. Mengeluarkan Kolesterol dari Tubuh
Mengkonsumsi banyak jambu biji sangat bagus untuk diet ibu hamil. Jambu biji mengandung pectin dan ini berguna untuk mengikat kolesterol dan batu empedu serta mengeluarkannya dari dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi jambu biji dengan memakannya langsung atau dengan cara membuat jus.

2. Mengobati tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi yang sering terjadi pada seseorang bisa mengakibatkan pembuluh darah pecah dan mengakibatkan terjadi penyakit kronis seperti stroke dan jantung atau lumpuh. Kandungan kalium dalam buah jambu biji bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Bagi ibu hamil kalau terjadi tekanan darah tidak hanya berimbas pada kesehatan ibu sendiri, tetapi juga bisa berakibat fatal pada anaknya yang dikandung.

3. Manfaat dari tannin
Kandungan tannin dari buah jambu biji bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan bisa melancarkan sirkulasi darah dan bisa menangkal virus-virus yang masuk kedalam tubuh.

4. Menjaga berat badan ibu hamil
Mengkonsumsi jambu biji secara teratur juga bermanfaat untuk mengontrol berat badan bagi ibu hamil. Sehingga perkembangan janin yang dikandungnya juga tidak bermasalah. Artinya buah jambu biji bisa mengontrol berat badan selalu stabil sehingga mencegah ibu hamil kegemukan.

5. Mencegah terjadinya kanker
Kanker dalam tubuh bisa di atasi sejak dini dengan mengkonsumsi buah jambu biji secara teratur. Kandungan likopen atau zat pewarna dalam buah jambu biji akan masuk kedalam darah dan mencegah terjadinya oksidasi. Pigmen pewarna ini bermanfaat untuk anti oksidasi dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker.

6. Menguatkan kekebalan tubuh
Buah jambu biji mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk menjaga bahkan meningkatkan kekebalan tubuh secara instan. Mengkonsumsi secara rutin sangat direkomendasikan untuk kesehatan tubuh.

7. Mencegah resiko serangan jantung
Menurut sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi buah jambu biji secara rutin dalam jangka waktu 4 minggu dengan kapasitas 500 gram/hari bisa mencegah terjadinya serangan jantung.

8. Meningkatkan stamina tubuh
Mengkonsumsi buah jambu biji juga bisa bermanfaat untuk menigngkatkan energi dalam stamina tubuh bagi ibu hamil. Jadi manfaat jambu biji bagi kesehatan ibu hamil tidak perlu diragukan.

Inilah beberapa manfaat jambu biji bagi kesehatan ibu hamil. Ibu hamil harus mencukupi kebutuhan gizi setiap harinya seperti mengkonsumsi buah jambu biji, apel, semangka, jambu air, terong, strowberry, pisang dll. Semoga artikel singkat ini bermanfaat dan berguna.

Baca juga: