-->

Manfaat Buah-Buahan

Blog tentang manfaat buah-buahan

Khasiat Kulit Manggis dan Cara Membuat Jus Kulit Manggis

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan - Manggis adalah buah buahan yang menyegarkan, daging buahnya yang putih agak berserat serta renyah dan terasa manis ini sangat mengundang selera. Siapa saja pasti tidak menolak untuk makan buah manggis. Buah dengan nama latin Garcinia mangostana L ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun tidak disangka kalau bagian kulit adalah bagian yang paling bermanfaat dibandingkan denga bagian lainnya. Kulit buah manggis yang berwarna agak coklat kehitaman inilah yang menjadikan buah ini dianggap sebagai buah penting didunia kesehatan, karena kandungan Xanthines.

Buah manggis sering dianggap sebagai ratunya buah atau Queen fruit, sementara Rajanya buah adalah buah durian. Buah manggis yang banyak manfaat ini dimasa lalu agak kurang dimanfaatkan, namun kini dengan berkembangnya teknologi, khasiat buah manggis telah diketahui banyak, sehingga kini banyak orang yang memanfaatkan manggis sebagai buah kesehatan, terutama memanfaatkan kulit manggis untuk dikonsumsi dengan menjadikanya sebagai jus kulit manggis.
Khasiat Kulit Manggis untuk kesehatan

Kandungan Dalam Buah Manggis

1. Rendah kalori
Alasan pertama yang membuat buah manggis ini sehat adalah rendah kalori. Kandungan kalori yang hanya 63 kalori dalam 100 gram membuat manggis cocok dimakan oleh orang yang sedang diet atau menurunkan berat badan. Selain itu, buah manggis tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh sehingga aman bagi kesehatan jantung.

Kandungan serat yang banyak dalam buah manggis bisa menjadi asupan untuk memenuhi asupan serat harian anda, dalam 100 gram manggis bisa mencukupi 13% kebutuhan serat haria.

2. Vitamin C
Kandungan kedua dari buah manggis adalah vitamin C, ini juga menjadikan faktor tersendiri dalam menjadikan manggis sebagai buah sehat. Dalam 100 gram daging manggis bisa mencukupi kebutuhan harian vitamin C sebanyak 12%. Vitamin C penting bagi tubuh karena berguna untuk menguatkan daya tahan tubuh. Memberikan ketahan tubuh bagi masalah kesehatan seperti pilek, demam, bahkan kanker.

3. Mengandung vitamin B komplek.
Selain mengandung zat diatas tadi. Manggis juga mengandung vitamin B komplek seperti thiamin, niacin, dan folat. Vitamin B komplek ini bermanfaat sekali sebagai kofaktor dalam memetabolisme protein, lemak dan karbohidrat.

Cara Membuat Jus Kulit Manggis

Nah, setelah kita tahu bagaimana pentingnya buah manggis bagi kesehatan, sekarang kita akan belajar bagaimana cara mengkonsumsi kulit manggis agar terasa enak dan tidka pahit. DIsini kita akan belajar membuat jus kulit manggis. Jus kulit manggis diketahui sangat bagus sebagai obat berbagai penyakit. Ini tidak karena dalam kulit manggis mengandung banyak zat Xanthone yang berperan dalam menyembuhkan berbagai penyakit.

Untuk membuat jus kulit manggis, anda bisa membuatnya sendiri dari rumah. Ketika anda makan manggis jangan buang kulitnya. Ambil kulit manggis sekitar 2 buah manggis, dan rebus dengan air 4 gelas hingga tersisa 2 gelas saja, air rebusan ini diminum secara rutin.

Cara lain bisa juga anda buat, yaitu seperti membuat jus lain pada umumnya. Pertama - tama buang bagian dalam kulit yg berwarna kuning, karena ini akan memberikan rasa pahit. Kemudian blender sampai halus. Kalau ingin terasa manis, tambahkan madu secukupnya. Bagi anda yang diabetes sebaiknya tinggalkan gula, dan ganti dengan madu.

Beberapa Manfaat Kutli Manggis bagi Kesehatan

1. Mengobati sariawan
Sariawan adalah penyakti ringan, namun bukan berarti penyakit ini tidak mengganggu. Penyakit ini sangat mengganggu aktivitas, terutama yang berkenaan dengan mengunyah. Jadi untuk mengobati sariawan bisa menggunakan kulit buah manggis. Caranya yaitu dengan merebus 2 buah kulit manggis dengan air sebanyak 3 gelas, sisakan 1.5 gelas dan jadikan air tersebut sebagai obat kumur (tunggu sampai dingi dulu).

2. Mengobati diare
Tidak hanya bermanfaat untuk sariawan. Kulit manggis juga bermanfaat untuk menyembuhkan diare. Cara nya sama saja dengan cara diatas. Ini menjadi kebiasaan orang di Filipina, mereka selalu merebus kulit manggis sebagai dan daun manggis sebagai obat berbagai gejala penyakit seperti diare, demam, disentri, sariawan bahkan gangguan saluran kencing.

3. Mengatasi kanker
Manfaat kulit manggis yang luar biasa lainnya yaitu sebagai pengobat kanker. Kandungan Xanthone dalam manggis terutama pada kulit manggis sangat berperan aktfi dalam mengobati penyakit kanker. Xanthone bersifat anti proliferasi danapoptosis yaitu efektif dalam menghnacurkan sel-sel kanker.

4. Meremajakan kulit
Ini mungkin manfaat kulit mangis yang paling disukai oleh wanita. dengan mengkonsumsi kulit manggis baik denganjus atau dengan merebusnya, maka kulit akan cepat terjadi peremajaan sehingga mencegah terjadinya penuaan dini. Xanthone dalam manggis bersifat anti oksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas dan menjadi agen dalam meremajakan kulit dengan cepat.

Untuk lebih jelas lagi tentang manfaat buah manggis, baca juga artikel kami tentang Manfaat Manggis untuk Kesehatan.

Baca juga: