-->

Manfaat Buah-Buahan

Blog tentang manfaat buah-buahan

Manfaat Alpukat untuk Bayi, Resep Makanan Bayi

Manfaat Alpukat untuk Bayi - Buah alpukat adalah salah satu buah-buahan yang sangat penting dikonsumsi, bahkan buah ini dikatakan sebagai buah sempurna untuk kesehatan, karena semua zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia terdapat dalam buah berwarna hijau ini. Alpukat mengandung lemak tak jenuh atau lemak baik dalam buah alpukat sangat penting untuk pertumbuhan bayi dan perkembangan otak bayi.

Selain itu, manfaat buah alpukat bagi bayi tidak lepas dari kandungan asam folat, serat serta vitamin E. Mengkonsumsi Alpukat bisa memenuhi 8% kebutuhan tubuh akan folat, 4% kebutuhan serat, vitamin E dan kalium, serta bisa memenuhi 2% kebutuhan zat besi. Selain kandungan itu buah alpukat juga mengandung karatenoid dan beta karoten. Semua zat penting ini sangat dibutuhkan bayi dalam perkembangan sistem saraf pusat dan otak bayi. Buah alpukat juga semakin berharga dalam kesehatan karena buah ini bebas kolesterol dan sodium (unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Na dan nomor atom 11, wikipedia).
Manfaat Alpukat untuk Bayi

Manfaat Alpukat untuk Perkembangan Bayi

Agar bisa mendapatkan manfaat buah alpukat untuk bayi, maka waktu pemberian buah alpukat harus sedini mungkin yaitu ketika bayi masih dalam masa pertumbuhan pentingnya, ini dalam jangka waktu dua tahun pertama. Jadi anda bisa memberikan alpukat pada bayi ketika bayi sudah 6 bulan hingga seterusnya. Selain memberikan alpukat anda bisa juga memberikan apel, pir dan buah pisang sebagai makanan pendamping ASI (Air Susu Ibu).

Namun demikian, pemberian alpukat pada bayi juga harus diperhatikan masalah alergi, kadang ada sebahagian bayi yang tidak cocok dengan makanan sehat ini. Kalau anak anda ada riwayat alergi kulit atau kulit sensitif, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter anda.

Resep Makanan Bayi dari Alpukat


1. Membuat Creamy Fruit Mash
Membuat Creamy Fruit Mash

Bahan:
  • 1 apel (atau bisa diganti dengan pear), kupas, buang biji dan potong dadu
  • 1/2 alpukat, kupas
  • Sedikit air
Cara Membuat Creamy
  1. Masukkan apel di dalam panci kecil dan tambahkan sedikit air.
  2. Didihkan perlahan sampai lunak.
  3. Masukan apel yang sudah lunak ke dalam food processor dan haluskan.
  4. Hancurkan alpukat, dan campurkan dengan puree apple.
  5. Creamy Fruit Mash siap dihidangkan
  6. Siap diberikan pada si mungil anda
2. Sweet Potato and Avocado Dinner
Sweet Potato and Avocado Dinner

Bahan-Bahannya:
  • Kentang ukuran kecil
  • 1 buah alpukat, kupas
Cara Membuat Sweet Patoto
  • Panggang kentang (serta kulitnya) selama 45 menit hingga 1 jam sampai empuk.
  • Setelah dingin, kupas kentang dan hancurkan kentang dan alpukat bersamaan.
  • Siap dihidangkan.
Inilah beberapa manfaat alpukat untuk bayi serta resep makanan bayi dari alpukat dan perpaduan buah lainnya. Jangan lupa berikan alpukat kepada bayi anda agar kebutuhan asam folat, serat serta lemak tak jenuh tunggal tercukupi untuk pertumbuhan otak dan fisiknya.

Artikel terkait, Manfaat Alpukat bagi Asam Lambung

Baca juga: