-->

Manfaat Buah-Buahan

Blog tentang manfaat buah-buahan

Manfaat Buah Naga Merah dan Buah Naga Putih bagi Kesehatan

Manfaat buah naga bagi kesehatan - Buah naga adalah jenis buah-buahan yang bentuknya mirip dengan naga yang bersisik. Buah naga berasal dari Amerika tengah yang kemudian penyebarannya sampai ke Asia tenggara. Jadi buah naga bukan berasal dari China sebagaimana yang disangka sebahagian orang, walaupun buah ini kerap ada dalam setiap acara orang china. Buah naga ini bermanfaat untuk berbagai masalah kesehatan karena kandungan dalam buah naga sangat baik bagi tubuh.

Secara umum dalam buah naga mengandung banyak mineral dan vitamin seperti protein, serat, karotin, kalsium, zat besi, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan vitamin C. Karena kandungan ini maka buah naga ini dikenal akan manfaatnya bagi kesehatan.
Manfaat Buah Naga bagi kesehatan

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

Ada segundang manfaat buah naga bagi kesehatan, sehingga kehadiran buah naga di INdonesia dalam waktu singkat sudah dikenal dengan luas, bahkan sudah seleuruh indonesia sekarang menyediakan jus buah naga sebagai minuman segar. Berikut beberapa manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga kesehatan tulang
Manfaat buah naga bagi kesehatan tulang. Kandungan fosfor dan kalium yang tinggi dalam buah naga menjadikan buah naga sebagai buah yang sangat berguna untuk para manula. Mengkonsumsi buah naga secara teratur bisa mengatasi osteoporosis bagi manula.

2. Mengatasi diabetes mellitus
Manfaat buah naga bagi diabetes. Buah naga mengandung gula dalam jumlah kecil, sehingga aman diminum oleh penderita diabetes, selai itu buah naga juga mampu membunuh sel jahat yang tumbuh secara abnormal dalam tubuh.

3. Mencegah penuaan dini
Manfaat buah naga untuk mencegah oenuaan dini didapat karena kandungan anti oksidan yang sangat tinggi dalam buah naga, sehingga mengkonsumsi buah naga secara teratur bisa menjaga tubuh dari radikal bebas. Anti oksidan dalam buah naga sama tingginya dengan oksidan yang ada dalam buah apel. Jadi mengkonsumsi buah naga secara rutin akan menjaga tubuh dari terjadinya penuaan dan menjaga tubuh tetap awet muda.

4. Mencegah kanker
Mengkonsumsi buah naga juga bisa menjaga tubuh dari serangan sel kanker, ini sama seperti manfaat yang didapatkan dari daun sirsak dan buah sirsak.

5. Decrease cholesterol level
Manfaat buah naga untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Buah merah ini mengandung banyak vitamin B3 yang manakala dikonsumsi secara teratur akan mampu menghilangkan kadar kolesterol dalam darah.

Baca juga: 31 manfaat buah naga merah

6. Memperhalus kulit wajah
Berdasarkan info yang didapat dari Prof. Dr. Muhammad Yusuf, ahli pengobatan tradisional China, buah naga bermanfaat juga untuk menghaluskan kulit wajah sebagaimana kebiasaan orang china.

7. Menguatkan ketahan tubuh dari virus
Kandungan vitamin C bnayak dalam buah naga mampu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit, dan juga baik untuk menjaga kesehatan kulit kita.

8. Manambah nafsu makan
Manfaat buah naga untuk meningkatkan nafsu makan, anda bisa menggunakan buah naga sebagai bahan baku bagi makanan bayi anda yang susah makan atau tidak suka makan. Alasannya karena dalam buah naga terkandung vitamin b1 dan b2 yang merupakan bahan baku suplemen untuk penambah nafsu makan.

9. Manfaat Kulit buah naga
Manfaat kulit buah naga untuk kesehatan. Ekstrak daun dan kulit buah naga dapat meningkatkan kelenturan pembuluh darah dan menghambat pertumbuhan sel tumor. Jadi, mengkonsumsi buah naga sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh, caranya yaitu dengan mengkonsumsinya secara teratur.

Tips Memilih Buah Naga yang Segar

  1. Pilihlah buah naga yang bebas dari sabetan, atau dari lebam dan memar
  2. Ambil buah naga yang warna pinknya merata dan tidak ada noda-noda hitam pda kulit buahnya
  3. Tekan sedikti buahnya, kalau agak lembek itu berarti sudah matang, sama juga seperti memilih buah alpukat
  4. Cium buah naga, kalau tercium aroma tropis itu menandakan bahwa buah naga sudah masak dan manis
  5. Kalau anda membeli buah naga, jangan terburu-buru memasukkan kedalam kulkas, tetapi simpan untuk sementara di suhu kamar untuk memastikan kematangannya, kemudain baru masukkan kedalam kulkas, anda bisa menyimpan buah ini dalam kulkas selama 5 hari.
Baca juga manfaat buah apel untuk menghilangkan batu empedu

Baca juga: