-->

Manfaat Buah-Buahan

Blog tentang manfaat buah-buahan

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Hipertensi

Manfaat Cuka Apel untuk Hipertensi dan Kolesterol. Cuka apel adalah cuka dair apel setelah melalui proses fermentasi. Cuka apel telah berkembang dimasyarakat sebagai bahan efektif untuk kesehatan, seperti mengobati doabetes, kutu kepala, dll. Namun demikian hasil riset belum sepenuh mendukung manfaat cuka apel bagi kesehatan tubuh. Namun demikian ada beberapa masalah kesehatan yang di uji dan menunjukkan hasil yang bagus dan mendukung kesehatan.

Manfaat cuka apel untuk hipertensi adalah salah satu manfaat yang didapatkan melalui cuka apel. Selain itu sebagai peluruh dan penghilang kolesterol dalam tubuh. Berikut beberapa kondisi kesehatan yang sangat menjanjikan melaui manfaat cuka apel.
Manfaat Cuka Apel untuk Hipertensi

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

1. Mengatasi diabetes
Konsumsi cuka apel sebelum makan diketahui bisa menurunkan kadar gula darah setelah makan. Begitu juga mengkonsumsi cuka apel 2 sdm yang dicairkan sebelum tidur malam bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh hingga 6%

2. Manfaat untuk obesitas
Cuka apel juga bermanfaat untuk obesitas, caranya yaitu dengan mengkonsums cuka apel sebanyak 2 sdm sebelum makan yang dicairkan dengan air putih. Lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari. Ini bisa menurunkan berat badan hingga 1-2 kg dalam 4 minggu.

3. Manfaat cuka apel bagi hipertensi
Bagi penderita hipertensi cuka apel berpotensi bermanfaat untuk manusia. Namun, sejauh ini uji coba yang sudah dilakukan dan berhasil adalah uji coba pada tikus, dimana hipertensi dan kolesterol darah menurun. Hasil ini belum tentu bisa sama kalau di lakukan pada manusia.

4. Kanker
UNtuk masalah kanker ada perbedaan hasil penelitian yang didapat. Ada mengatakan suka apel bermanfaat untuk menurun/menghmbat pertumbuhan sel kanker, ada juga yang mengatakan sebaliknya. Jadi kalau ingin mengkonsumsinya harus berdasarkan resep dokter.

Jadi manfaat cuka apel bagi kesehatan hipertensi dan kolesterol bisa hasilnya berbeda antara orang yang satu dengan yang lain. Namun, secara umum mengkonsumsi cuka apel sebanyak 1-2 sendok makan sehari di anggap masih aman bagi kesehatan. Namun demikian, cuka apel mengandung asetat yang sifatnya korosif. Jadi ketika minum sangat di anjurkan agar dicairkan terlebih dahulu.

Secara teori cuka apel juga mengalami interaksi dengan beberapa jenis obat seperti diuretik, obat untuk diabetes dan hipertensi. So, bagi yang ingin mengkonsumsi cuka apel, sementara dari satu sisi mengkonsumsi obat-obatan sangat diharapkan agar ada pengawasan dari dokter. Demikianlah manfaat cuka apel bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat. Hati-hati mengkonsumsi obat yang belum jelas ada ke amanannya.

Baca juga: Manfaat apel untuk penyakit batu empedu

Baca juga: