-->

Manfaat Buah-Buahan

Blog tentang manfaat buah-buahan

Manfaat Buah Sawo Mentah bagi Kesehatan

Manfaat Buah Sawo Mentah bagi Kesehatan - Buah sawo masak atau matang sudah sering kita konsumsi dan mempunyai rasa yang manis dan enak dilidah, tetapi pernahkan anda merasakan buah sawo mentah atau yang masih mengkal. Buah sawo mentah memiliki rasa yang getir bercampur manis dan tentu membuat mulut bergetah bagi yang mengkonsumsinya. Namun demikian, buah sawo mentah mempunyai khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh, karena kandungan vitamin, dan anti oksidan dalam sawo mentah sangat banyak sehingga bermanfaat bagi tubuh dalam menjauhi tubuh dari radikal bebas yang sering menyerang kulit tubuh.

Bagi anda yang tidak mau makan buah sawo mentah, berikut kami akan memberikan manfaat buah sawo mentah bagi kesehatan, semoga bisa menjadi inspirasi dan menyemangat bagi anda dalam mengkonsumsi buah sawo ini.

Manfaat Buah Sawo Mentah bagi Kesehatan

1. Mengatasi diare secara alami
Manfaat buah sawo mentah bagi kesehatan adalah bisa sebagai obat diare atau mencret yang sangat ampuh. Kandungan serat yang tinggi dalam buah sawo mentah sangat bagus dalam mengatasi masalah diare.

Cara menggunakan buah sawo sebagai obat diare ada dua macam yaitu:

Cara1: Ambil satu buah sawo mentah yang masih segar dan kupas kulitnya, kemudian parut daging buahnya dan seduh dengan air hangat hingga satu gelas, diamkan selama 10 menit dan minum airnya hingga habis, lakukan cara ini selama 2 kali dalam sehari.

Cara2: Ambil satu buah sawo mengkal atau mentah, dan buang kulitnya, buang juga bijinya berikan sedikit air hangat dan beri juga 2 sendok madu. Minum jus sawo mentah ini dua kali dalam sehari.

2. Mengobati disentri
Manfaat buah sawo mentah bagi kesehatan selanjutnya yaitu mengobati disentri. Disentri bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi buah sawo mentah. Ambil beberapa buah sawo mentah dan kupas kulinya, kunyah daging buahnya sambil ditambahkan garam pada buahnya, makan sedikit demi sedikit hingga habis buah sawo. Lakukan 2 kali dalam sehari hingga disentri anda menghilang dan sembuh.

3. Mengobati radang mulut
Manfaat buah sawo mentah bagi kesehatan juga bisa sebagai obat alami radang mulut. Caranya yaitu dengan mengambil buah sawo dan membelahnya menjadi beberapa bagian (setelah mengupasnya). Kemudian buah sawo yang sudah dibelah ini direbus dengan 1 gelas air hingga airnya berubah warna. Gunakan air rebusan buah sawo ini untuk berkumur-kumur. Lakukan hingga air ini habis, lakukan dua kali dalam sehari hingga radang mulut sembuh.

Demikianlah beberapa manfaat buah sawo mentah bagi kesehatan tubuh. Semoga dengan adanya artikel singkat ini bisa menambah pengetahuan kita tentang pengobatan tradisional menggunakan bahan alami seperti buah sawo. Selamat mencoba dan sukses.

Baca juga: