-->

Manfaat Buah-Buahan

Blog tentang manfaat buah-buahan

5+ Manfaat Jagung bagi Kesehatan

Manfaat Jagung bagi Kesehatan - Jagung adalah makanan yang sehat dikonsumsi, bahkan sebahagian orang di Indonesia ada yang menjadikan jagung sebagai makanan pokok yang menggantikan peran nasi. Jagung selain digunakan sebagai makanan juga dijadikan sebagai tepung, dibuat sebagai pop corn, sementara jagung muda direbus sebagai makanan enak penganti snak. Selain jagung itu ada juga jagung muda yaitu jagung yang belum mempunyai biji keras, manfaat jagung muda bagi kesehatan juga tidak dapat disangkal.

Terlepas dari manfaat jagung bagi kesehatan, makanan ini memang enak dimakan apalagi itu adalah jagung manis. Nah, selain manfaat jagung untuk makanan penghilang lapar, jagung juga bagus untuk kesehatan. Apa saja manfaat jagung bagi kesehatan? Berikut ulasannya.
Manfaat Jagung bagi Kesehatan

Manfaat Jagung bagi Kesehatan Tubuh

1. Jagung sebagai sumber kalori
Jagung adalah salah satu makanan yang penuh dengan kalori, kandungan kalori dalam 100 jagung adalah 342 gram. Banyaknya kalori dalam jagung menjadikan jagung ini sebagai makanan penting peranan nya dalam pemenuhan kebutuhan pokok manusia, bai itu makanan penganti nasi atau kebutuhan manusia akan tepung yang digunakan dalam pembuatan aneka kue.

2. Mencegah wasir
Manfaat jagung bagi kesehatan selanjutnya adalah sebagai makanan anti wasir. Dalam 1 cangkir jagung saja mengandung 18,4% serat harian yang dibutuhkan tubuh. Serat adalah kebutahn penting dalam kesehatan yang membuat kinerja pencernaan menjadi lancar. Kalau pencernaan tersendat, maka segala hal lainnya ikut tersendat. Maka mengkonsumsi jagung jagung dengan teratur bisa menjadi makanan pelepas tinja.


Selain itu, jagung juga berkemungkinan untuk memproduksi asam lambung. Maka direkomendasikan bagi anda untuk mengkonsumsi jagung secara rutin demi pemenuhan serat dan berbagai nutrisi lainnya.

3. Jagung sebagai sumber antioksidan
Manfaat jagung bagi kesehatan juag tidak terlepas dari kandungan antioksidan yang banyak dalam jagung. Antioksidan sangat berperan penting dalam tubuh demi membuang radikal bebas penyebab kanker, penyebab kerusakan kulit sekaligus mencegah penuaan dini. Keberadaan antioksidan sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia, karena menginduksi apoptosis pada sel kanker, dan menjaga sel non kanker tetap sehat.

4. Melindungi jantung
Salah satu manfaat jagung bagi kesehatan yang besar adalah menjaga dan melindungi kesehatan jantung. Perlindungan ini diberikan oleh jagung karena kandungan minyak jagung bermanfaat dalam mengurangi resiko berbagai penyakit kardiovaskuler.

Minyak jagung adalah metode terbaik dalam menjaga kesehatan jantung. Jadi, mengkonsumsi jantung ternyata besar faedahnya bagi jantung. Namun tetap harus dibatasi agar tidak kelebihan kalori dalam tubuh yang bisa membawaki pada obesitas. Pokoknya segala sesuatu itu dikonsumsi dalam batas wajar, tidak sedikit dan tidak berlebihan.

5. Mencegah kurang darah
Jagung mengandung asam folat dan vitamin B12. Anemia adalah kondisi medis yang terjadi karena tubuh kekurangan vitamin ini yaitu vitamin B12. Maka mengkonsumsi jagung akan memberikan tambahan folat dan V12 yang dibutuhkan tubuh dalam menghasilkan sel darah merah. Selain ini, jagung juga kaya akan zat besi yang merupakan penghasil utama sel darah merah.

Baca juga:
Manfaat jagung muda bagi kesehatan
 Manfaat pisang ambon
Manfaat apel untuk batu empedu

6. Menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh
Kemudian, manfaat jagung bagi kesehatan adalah sebagai agen dalam menurunkan kolesterol tubuh. Mengkonsumsi jagung akan mengurangi kolesterol jahat dan mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh. Ketika kolesterol jahat atau LDL turun makan dengan sendirinya kolesterol baik atau HDL akan naik.

Demikianlah manfaat jagung bagi kesehatan secara umum, selainmanfaat yang telah kita sebutkan, masih banyak manfaat lainnya dari jagung untuk kesehatan, sebagai sambungan, insya Allah akan kita jelaskan di lain kesempatan.

Baca juga: