-->

Manfaat Buah-Buahan

Blog tentang manfaat buah-buahan

10 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Tubuh tidak asing lagi diketahui, karena hampir semua orang membicarakan masalah manfaat buah yang satu ini. Buah jeruk yang manis dan asam ini seringkali dijual di pasar-pasar tradisional, supermarket dan lain-lain. Kalau anda suka mengkonsumsi buah manis asam jeruk, maka kami membawa kabar baik buat anda, karena jeruk mengandung segudang manfaat untuk kesehatan yang membuat tubuh senantiasa sehat dan bugar.

Berikut beberapa manfaat jeruk bagi kesehatan tubuh sebagaimana yang dikutip dari merdeka.com.

Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan

1. Jeruk menyediakan karbohidrat rendah
Ini adalah karbohidrat sehat yang tidak membuat adan gemuk ketika mengkonsumsinya, melainkan memberikan manfaat dari karbohidrat buat tubuh anda. Kadar glikemik indek dalam buah yang manis ini hanya 40 sehingga tergolong rendah dan bagus untuk kesehatan.
10 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan
2. Menstabilkan asam dalam tubuh
Buah yang rasanya asam ini ketika dikonsumsi ternyata malah mempunyai manfaat untuk menyeimbangkan keasaman dalam tubuh. Ini tentu bagus sekali untuk kesehatan tubuh.

3. Kandungan beta karoten
Beta karoten adalah anti oksidan yang akan menjaga kulit dari serangan polusi udara dan tingkat panasnya matahari. Anti oksidan ini juga bisa menjaga kulit dari sel-sel kulit mati dan membuat kulit senantiasa sehat. Untuk mendapatkan hasil yang bagus maka konsumsi buah jeruk secara rutin dan tidak perlu banyak-banyak.

4. Kandungan flavonoid
Ini adalah senyawa yang aktif dalam menstabilkan tekanan darah. Sehingga mengkonsumsi jeruk akan memberikan manfaat bagi penderita anemia, dan tekanan darah tinggi.

5. Menyehatkan mata
Buah jeruk juga mengandung vitamin caratenoid. Zat ini bisa diubah menjadi vitamin A seperti kandungan vitamin A pada wortel. Mengkonsumsi jeruk berarti bisa menjaga kesehatan mata lebih sehat.

6. Mengatasi konstipasi
Konstipasi atau sembelit yang diderita seseorang bisa diobati dengan mengkonsumsi jeruk. Kandungan yang sehat dalam jeruk tidak hanya mempu menurunkan kadar kolesterol jahat tetapi juga melancarkan pencernaan dengan memudahkan BAB atau buang air besar anda.

7. Melawan virus
Manfaat buah jeruk selanjutnya yaitu mampu melawan virus yang masuk kedalam tubuh. polyphenol adalah zat dan senjata dalam buah jeruk yang berfungsi untuk mengusir setiap virus yang masuk.

8. Menangkal penyakit
Buah jeruk juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dari berbagai penyakit yang akan menyerang tubuh. Kandungan vitamin C dalam buah jeruk menjadi agen penting dalam meningkatkkan kekebalan tubuh serta menjadi anti oksidan yang ampuh dalam menjaga sel-sel dari serangan radikal bebas penyebab penyakit atau kanker.

9. Menurunkan kolesterol
Kolesterol yang membuat anda gemuk dan obesitas bisa di turunkan tingkatnya dengan mengkonsumsi jeruk. Jeruk mengandung serta yang banyak sehingga bisa menurunkan kolesterol tubuh.

10. Mencegah batu ginjal
Batu ginjal yang tersarang dan susah dikeluarkan, coba anda atasi dengan mengkonsumsi jus jeruk setiap hari. Tetapi disarankan jangan berlebihan. Karena kandungan gula yang pecah ketika mengolah jus bisa berefek pada gigi berlubang.

Manfaat jeruk bagi kesehatan sangat banyak sekali, mengingat mengandung sejumlah zat penting dalam buah asam manis ini. Manfaat lain yang bisa didapatkan dari jeruk seperti menjaga kesehatan jantung, menurunkan resiko kanker hati, mencegah penyakit kanker.

Baca juga: