-->

Manfaat Buah-Buahan

Blog tentang manfaat buah-buahan

Manfaat Tomat bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Tomat bagi Kesehatan - Tomat dikenal sebagai buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, dikalangan masyarakat buah ini sangat populer karena sering dijadikan sebagai ramuan masakan atau pelengkap masakan di dapur. Buah yang berwarna merah ini mengandung berbagai macam zat gizi, sehingga buah tomat penting untuk kesehatan.

Buah tomat memiliki banyak macam jenisnya, ada tomat buah yang buahnya agak besar, ada tomat sayur yang ukurannya lebih kecil daripada tomat buah. Sedangkan yang ke-3 adalah tomat kecil kecil seukuran dengan buah ceri. Semua jenis tomat ini mengandung vitamin A dan C, fitonutrien, dan berbagai zat dan mineral yang dibutuhkan tubuh termasuk didalamnya adalah likopen. Selain itu buah tomat juga mengandung banyak serat sehingga sangat bagus untuk kesehatan pencernaan dan kandungan ini pulalah yang menjadikan tomat bisa menjadi buah peluruh lemak dalam tubuh.
Manfaat Tomat bagi Kesehatan

Untuk mendapatkan manfaat buah tomat bagi kesehatan, anda bisa mengkonsumsi tomat secara langsung, dibuat sebagai jus atau dimasukkan dalam setiap masakan kuah. Untuk lebih jelas, berikut kami jelaskan manfaat-manfaat dari buah tomat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menguatkan tulang
Kandungan vitamin K dan kalium yang ada dalam buah tomat membuat buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan untuk perkembangan tulang bagi anak-anak.

2. Menyehatkan rambut
Manfaat buah tomat untuk kecantikan seperti menyehatkan rambut. Kandungan vitamin A dalam buah tomat menjadikan buah ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan rambut, sehingga anda tampil cantik dan mempesona dengan rambut indah. Selain itu, tomat juga dikenal bagus untuk kesehatan mata, gigi, kulit, dan tulang.

3. Mempercantik Kulit
Buah tomat juga mengandung banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Kandungan Lycopene dalam buah tomat sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, membuat kulit halus dan lembut. Cara nya yaitu dengan mengupas kulit buah tomat dan menempelkannya pada arena wajah anda, diamkan selama 10 menit dan kemudian bilas dengan air bersih.

4. Tomat menguatkan Jantung
Kesehatan jantung adalah hal sangat penting, mengigat jantung adalah organ vital dalam hidup. Tekanan darah dan kolesterol tinggi sama-sama menjadi beban bagi jantung. Namun demikian hal ini bisa di atasi dengan vitamin B dan kalum yang ada dalam buah tomat. Zat ini nanti juga akan membantu untuk menyerang penyakit kronis lainnya seperti stroke, gangguan jantung yang mematikan lainnya.

5. Menyehatkan mata
Mata sebagai organ penting tubuh akan mengalami perubahan sesuai usia seseorang. Namun dengan mengkonsumsi tomat yang mengandung banyak vitamin A, maka penyakit seperti rabun senja di perlambat.

6. Tomat mencegah kanker prostat
Lycopene yang terdapat dalam tomat dapat mengurangi risiko kanker prostat pada pria, kanker perut dan kanker kolorektal (usus besar). Zat Lycopene bisa menghentikan pertmbuhan sel kanker. Ternyata tomat yang dimasak dapat menghasilkan lebih banyak Lycopene ketimbang tomat mentah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya anda mengkonsumsi tomat setiap hari denganmembuat sop.

Inilah manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Ada sekian banyak manfaat lainnya dari buah tomat untuk kesehatan. Tetapi tidak sempat kita sebutkan disini, dan insya Allah akan kiat jelaskan manfaat lainnya di artikel lain

Baca juga: