-->

Manfaat Buah-Buahan

Blog tentang manfaat buah-buahan

10 Khasiat Buah Nanas bagi Kesehatan

Khasiat Buah Nanas bagi Kesehatan - Buah nanas adalah buah kesehatan berasal dari Brazil. Buah ini sekarang ditanam diseluruh dunia tidak kecuali indonesia, daerah Subang adalah daerah penghasil nanas terbanyak di Indonesia. Buahnya yang manis dan menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Buah nanas tidak hanya bermanfaat untuk makanan saja namun juga sangat bagus untuk berbagai kebutuhan kesehatan.

Khasiat nanas sebagai makanan biasanya digunakan sebagai bahan baku selai nanas, diawetkan, atau dibuat es buah. Nanas bisa juga dimakan langsung dengan cara dikupas dan dibuang bintik-bintik hitamnya. Nanas akan terasa segar sekali kalau dikonsumsi ketika suasana panas dan terik mentari. Dalam dunia pengobatan, buah nanas juga dikenal luas, terutama karena didalam buah nanas mengandung vitamin c dan mineral lainnya yang penting. Diantara khasiat kesehatan dari buah nanas adalah mengganggu pertumbuhan sel kanker, menghambat penggumpalan trombosit, dan mempunyai aktifitas fibrinolitik. Buah muda rasanya asam, berkhasiat memacu enzim pencernaan, antelmintik, diuretik, peluruh haid, abortivum, peluruh dahak, dan pencahar.
Khasiat Buah Nanas bagi Kesehatan

Khasiat Buah Nanas bagi Kesehatan

Berikut 10 khasiat buah nanas bagi pengobatan tradisonal, ada banyak penyakit kronis yang bisa disembuhkan, apa saja? mari ikuti yang dibawah ini.

1. Mengobati cacingan pada anak
Untuk mengobati cacingan pada anak ambil buah nanas muda, dan kupas, bersihkan serta cuci dengan air panas. Kemudian nanas muda di parut. Selanjutnya ambil airnya dan minumkan pada anak yang cacingan.

2. Mengatasi lambung terasa penuh
Khasiat nanas untuk kesehatan lainnya adalah mengatasi lambung yang terasa penuh. Caranya yaitu dengan meminum jus nanas 3 kali sehari, sebanyak 150 cc. Minum jus nanas ini ½ jam sebelum makan.

3. Mengobati Keseleo, memar
Manfaat nanas untuk mengobati keseleo yaitu dengan mengupas satu buah nanas masak dan dibuat jus. Minum air jus nanas itu sekaligus .

4. Luka bakar, bisul dan gatal pada kulit
Khasiat daun nanas untuk kesehatan kulit adalah bisa mengatasi luka terbakar, atau bisul dan gatal. Kalau anda mengalami luka akibat terbakar, atau bisul pada permukaan kulit dan gatal-gatal, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan daun nanas. Ambil daun nanas dan tumbuk halus, kemudian balurkan pada luka atau bisul.

5. Mengobati radang tenggorokan
Manfaat buah nanas bagi radang tenggorokan. Bagi anda yang mengalami masalah tenggorokan seperti radang yang mengganggu, anda bisa menggunakan pengobatan tradisonal dari buah nanas. Caranya yaitu dengan mengupas 2 buah nanas yang masak, kemudian blender atau parut. Selanjutnya gunakan kain putih halus untuk memeras airnya. Kumpulkan airnya dan minum 3 kali sehari.

6. Mengatasi peradangan kulit atau dermatitis
Khasiat buah nanas bagi kesehatan peradangan kulit. Bagi anda yang mengalami peradangan kulit atau kulit bersisik atau peradangan pada kulit kepala anda, gunakan saja buah nanas masak. Ambil nanas ½ buah, kemudian parut dan gunakan hasil parutan tersebut pada kulit yang terjadi peradangan.

7. Mengobati beri beri
Penyakit beri-beri adalah jenis penyakit yang di akibatkan karena kekurangan vitamin B, sehingga terjadi pembengkakan pada tubuh. Untuk mengatasi penyakit ini anda bisa mengobati dengan buah nanas. Kupas 2 buah nanas, kemudian parut dan peras airnya, minum sekaligus. Sebaiknya ini diminum ketika pagi atau ketika sore.

8. Mengatasi sembelit
Manfaat nanas untuk atasi sembelit. Sembelit adalah penyakit yang membuat seseorang susah dalam BAB, anda bisa mengatasinya dengan buah nanas. Khasiat buah nanas salah satunya yaitu mengatasi sembelit. Ambil 3 buah nanas muda, kupas dan bersihkan. Kemudian parut dan peras airnya. MInum airnya 2 kali dalam sehari. cukup minum ½ gelas/kali minum.

9. Menghilangkan ketombe
Manfaat buah nanas untuk menghilangkan ketombe. Untuk ketombe yang mengganggu anda bisa mengatasinya juga dengan buah nanas. Ambil ¼ nanas dan parut serta saring airnya. Kemudian campurkan dengan air dari 1 buah jeruk nipis. Campurkan merata dan bilas dikulit berketombe. Gunakan ramuan ketombe ini pada malam hari, keesokan harinya keramas hingga bersih. Lakukan 2 kali dalam seminggu hingga ketombe anda hilang.

10. Menurunkan berat badan
Manfaat dan khasiat buah nanas untuk menurunkan berat badan, yaitu dengan membakar lemak perut. Berat badan bisa juga di atasi dengan buah nanas, karena buah nanas sifatnya membakar lemak. Ambil buah nanas yang agak matang, parut dan saring airnya. Minum airnya 2 kali sehari. Lakukan dengan rutin dan teratur hingga badan anda langsing dan berat badan menurun.

Notes:
  1. Bagi anda yang hamil dilarang mengkonsumsi buah nanas muda
  2. Bagi penderita rematik gout juga dilarang, karena buah nanas dalam saluran pencernaan di ubah menjadi alkohol sehingga membuat rematik kambuh lagi.
  3. Bagi penderita gula darah harus membatasi memakan buah nanas, karena buah ini mengandung kadar gula yang tinggi.

Demikianlah beberapa khasiat buah nanas bagi kesehatan yang jarang di ketahui. Semoag adengan artikel ini anda bisa merasakan manfaatnya dan bisa memaksimalkan manfaat buah nanas dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga manfaat nanas untuk kesehatan yang jarang terungkap

Baca juga: